Jumat, 26 Februari 2010

musik di ipb

Gw mulai uraian pendapat ini dari sebuah fakta di tahun 60-an. Waktu itu, di Amerika Serikat diterapkan sebuah sistem pendidikan yang disebut free flowering child (Ratna Megawangi -Pendidikan Karakter, 2004). Para pakar pendidikan negeri paman sam saat itu, menganut paham Roseau (filsuf Perancis) yang menyatakan bahwa manusia tidak perlu belajar dari apa yang ada di luar dirinya. Pada era itu pula, paradigma pendidikan yang banyak diterapkan di dunia, berlandaskan prinsip headstart, atau sistem pendidikan yang hanya mengedepankan keunggulan akademis dan pengembangan kecerdasan intelegensi belaka. Hasilnya, orang2 cerdas dengan berbagai inovasi telah terlahir, namun apa yang terjadi dengan temuannya? Ya, penyalahgunaan. Leó Szilárd (1898-1964), seorang ilmuwan yang berperan dalam gagasan reaksi berantai nuklir, proses yang membuat bom atom untuk dikembangkan. Dia juga orang yang memprakarsai Proyek Manhattan, yaitu dengan menulis kepada Presiden Roosevelt untuk mendesaknya mengembangkan senjata-senjata ini, karena ia percaya orang Jerman meneliti sesuatu yang serupa. Beberapa dekade sebelum penyalahgunaan teknologi nuklir itu, sistem pendidikan yang hanya menekankan satu aspek kecerdasan juga berbuah petaka. Fritz Haber, seorang kimiawan Jerman yang mencatatkan namanya pada industri sintesis amonia, komponen penting pupuk dalam pertanian modern. Hal ini telah membantu dalam produksi pangan intensif yang telah menjadi ciri dunia modern, dan pada gilirannya memungkinkan pertumbuhan penduduk yang besar dari abad ke-20. Ia sangat terlibat dalam pengembangan senjata kimia seperti gas klorin untuk Jerman di Perang Dunia I, dan ia diberi julukan oleh beberapa orang sebagai bapak dari perang kimia. Karya Haber membantu pengembangan gas sianida, yang digunakan oleh Nazi untuk melakukan beberapa kekejaman terburuk dalam sejarah manusia. (http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3032244)
Ceritanya sekarang udah tahun 90-an. Setelah liat para ilmuwan yang malah mengkhianati hakikat penggunaan teknologi, maka para pakar nyari penyebab sama solusinya. Lalu muncullah seorang Daniel Goleman dengan buku pusakanya yang berjudul Emotional Intelligence. Dengan terbitnya buku itu, diketahuilah bahwa kualitas seorang manusia tidak hanya ada di aspek intelegensi aja, tapi juga sisi emosionalnya. Setelah penemuan fenomenal tersebut, muncul banyak temuan lain yg ga kalah penting. Howard Gardner menyatakan bahwa manusia memiliki 8 jenis kecerdasan (multiple intelligence), ada linguistic intelligence (kecerdasan verbal), logical-mathematic intelligence (kecerdasan matematis), spatial intelligence (kecerdasan ruang), bodily kinesthetic intelligence (kecerdasan olah fisik), musical intelligence (kecerdasan musikal), interpersonal intelligence (kecerdasan kemunikasi eksternal), intrapersonal intelligence (kecerdasan analisa diri) dan naturalist intelligence (kecerdasan mengenal alam). Nah, setelah berbagai konsep itu ditemukan, sistem pendidikan yang tadinya headstart, berubah jadi heartstart. Paradigma heartstart ini ga Cuma fokus di pengembangan intelegensi, tapi juga kecerdasan lain yang dimiliki manusia, kemudian lahirlah sebuah konsep pendidikan yang banyak diterapkan saat ini, namanya pendidikan holistik, artinya pendidikan yang bertujuan membentuk manusia secara holistik (menyeluruh). Menurut Bobi dePorter, dalam bukunya Quantum Learning, salah satu cara agar proses pembelajaran berkualitas dan efektif, adalah penggunaan musik. Jadi kawan2 semua, boleh dong gw simpulkan bahwa siapa yang mencegah perkembangan musik berarti menghambat pengembangan salah satu fitrah manusia, kecerdasan musikal.
Lalu, ada seorang ahli yang namanya Fitjrof Capra, yang menyatakan bahwa cara pandang terhadap suatu masalah hendaklah tidak terkotak-kotak, tapi holistik, menyeluruh atau liat dari banyak sisi (Ratna Megawangi-Pendidikan Holistik, 2008). Gw jadi inget sebuah dongeng tentang dua ekor tikus yang liat ada keju yang besar di depan pintu sarangnya. Mereka nggak langsung sikat tu keju, soalnya lagi mikir2 dulu, jangan2 ini perangkap. Setelah yakin dengan keputusannya, kedua tikus itu melangkah maju, selangkah lagi menuju keju yang disajikan gratis di depan matanya. Namun tiba2, ayahnya berteriak dan melarang kedua anaknya mendekati keju itu. Sang ayah lalu mengajak kedua anaknya menaiki meja. Dari sana mereka melihat sebuah keju yang disajikan di depan sarangnya dan diletakkan di atas sebuah perangkap tikus. Ya, pandangan yang tidak menyeluruh bahkan bisa berbahaya. Yang menarik di forum ipb 45, ada seorang “oknum” yang ngingetin gw sama lagunya netral yang judulnya terompet iblis. Orang yang bikin klaim subjektif bahwa di ipb ini Cuma ada satu jenis musik, lalu di akhir pernyataannya ia menyisipkan semboyan bahwa kebenaran akan selalu menang, mengesankan bahwa musik yang ia sebut sebelumnya adalah satu2nya kebenaran, sungguh menyedihkan. Lalu dia bilang kalo salah satu organisasi musik di ipb Cuma nge-band foya2. Sangat tepat kalo gw analogikan dua ekor tikus tadi sama orang ini. Dia ga liat satu fenomena secara menyeluruh. Apa jadinya kalo bangsa kita hidup sama konsep begitu, bakalan makin banyak orang baik yang dipenjara, malah koruptor ngipas2 pake duit, gara2 ga teliti ngolah kasus, ga menyeluruh.
Sekilas orang ini mirip aktivis agama, soalnya bawa kata puasa, band islami, nasyid, bahkan kata pesantren dibawa di nama kampus kita tercinta ini. Tapi hati2 kawan, jangan cepat2 ngambil kesimpulan kalo org ini dari alhur ato organisasi keagamaan manapun, mungkin aja ini adu domba, devide et impera. Mungkin orang kayak gini ga sedikit di kampus kita, tapi kebetulan yang nongol di forum ini ada satu nih. Mister, saya mau berkomentar nih, soal pernyataan ente yang bunyinya gini:
"IPB tuh musiknya hanya lagi nasyid, ga ada musik yang lain, hebat yah,.... INSTITUT PESANTREN BOGOR... Kebaikan itu selalu menang..."
Semoga setelah mengetahui konsep berpandangan holistik, anda berubah pikiran. Musik di IPB ga Cuma nasyid kok, gw berani jamin. Dari rock sampe dangdut, ada di IPB, jadi mau diakui atau tidak, kenyataannya begitu. Gw sebenarnya bangga, ipb banyak singkatannya, institut pertanian bogor, institut pesantren bogor, institut perbankan bogor, institut publisistik bogor, institut perteknologian bogor, institut punkrock bogor, institut pleksibel banget, dll. Itu artinya, manusia2 jebolan ipb memang makhluk2 unggul agen pengubah bangsa, mereka (semoga kita juga) manusia2 paripurna yang multiple intelligencenya seimbang. Semoga kita bener2 berguna, ga Cuma ngomong kosong, tapi juga berkarya dan berkontribusi.
"AYO MAXX !!! bikin organisasi musik ga cuma nge-band foya-foya... bikin ajang band islami menjelang Puasa, bikin ajang band lagu nasional menjelang kemerdekaan, kalo cuma nge-band yang niru lagu orang lain, mendingan gw liat band di tivi."
Suatu hari, gw liat sebuah spanduk terpampang gagah di fem, deket rektorat. Isinya butir2 gol yang harus dicapai pemerintahan SBY-Budiono dalam 100 hari. Di bawah list itu, ada tulisan yang kurang lebih bunyinya begini “mari kita tagih bersama”. Gw jadi mikir, kenapa redaksinya harus berupa tuntutan yang mengesankan kalo penulis dan pembaca tulisan itu bukan bagian dari sistem. Tulisan itu seolah memposisikan pembaca sebagai orang seperti penulisnya yang menonton dan menuntut pelayanan pemerintah tanpa ngasih sumbangsih, kesannya kayak pemerintah itu babu, nah si pembaca tulisan majikannya yang ga puas dan pengen nuntut kinerja si babu. Kenapa kata2nya ga gini: “Mari kita bantu mewujudkannya”, ato “mari bung kita upayakan bersama”?
Sekarang kita tengok sebuah teori pengasuhan yang dikemukakan oleh Baumrind (1975). Menurutnya, dua komponen penting dalam proses pengasuhan adalah demandingness (tingkat tuntutan) dan responsiveness (kehangatan). Idealnya, kedua komponen itu kadarnya berimbang, tinggi dua2nya gitu (authoritative atau demokratis), biar nanti sosok yang terbentuk adalah pribadi yang disiplin dan mudah bersosialisasi. Nah kalo kita terlalu banyak nuntut, tanpa dibantu dan sedikit pemberian dukungan, kita menerapkan gaya authoritarian atau otoriter. Pribadi yang bakal terbentuk adalah seorang rebel, pemberontak yang cuman bisa ngacau tanpa ngasih solusi. Nah kalo responsiveness terlalu tinggi, tanpa diimbangi demandingness yang cukup, itu malah akhirnya bakal ngelunjak, kalo salah bakal susah diatur+dibenerin. Kalo responsiveness sama demandingness sama2 rendah, atau istilahnya uninvolved, itu malah lebih parah. Individu bentukan nanti bakal hilang arah, ga ada tujuan + ga jelas.
Balik lagi ke masalah perlakuan kita sama pemerintah. Coba analogikan responsiveness diatas sama dukungan kita terhadap perwujudan program pemerintah. Trus demandingness coba diasosiasi jadi tuntutan kita sama situasi pemerintahan. Mana coba yang lebih gede saat ini? Ya, keliatannya demandingness lebih tinggi, simbol tertinggi negara bahkan sampe dianalogikan jadi kebo. Segitu kerasnya kita membimbing sebuah orde yang sebenernya berjuang buat rakyat. Coba kita gantian posisi, apa segitu gampang ngubah bangsa tanpa dukungan? Gw bukan memihak salah satu kubu, ini kita coba berpikir husnudzon, okeh. Nah, oleh karena itu, marilah kita imbangi kritikan2 terhadap pemerintah dengan sikap yang dewasa, tanpa anarki, tanpa perusakan, dan dengan cara yang cerdas.
Waduh kok gw jadi ngomongin politik ya. Balik lagi ke kutipan diatas, jadi pernyataan om tadi kesannya kayak dia pengen musik di ipb hidup, dan dia punya ide, tapi ga mau gerak. Maunya nyuruh aja gitu, pas dia ga puas, nuduh foya2, nuduh Cuma nyanyi lagu orang, hanuh. Tapi teman2, mari kita sikapi kritikan ini dengan positif, mari buktikan bahwa karya kita original, segera publish karya2 kita segila2nya. Oiya, ngomong2 soal nasyid, gw jadi inget sebuah band nasyid (kalo nasyid diartikan musik yang mengutip kata2 kitab suci dan menyampaikan nilai2 kebenarannya). Pernah denger purgatory?
Ternyata ya teman2, band yang personilnya pada pake topeng ini, beberapa lirik lagunya diambil dari alquran. Contohnya, di lagu pathetic, pugatory nyeritain salah satu peristiwa pengakuan tuhan manusia yang ada di quran surat Al-Araf ayat 172. Di video clip lagu itu, diceritain ada seorang pengguna narkoba yang liat dirinya sendiri nulis angka 7:172 di tembok, dan refleksi dirinya itu ngomong terjemahan ayat itu, bisa dibaca di subtitlenya. Menurut gw, dakwah yang sebenarnya, merubah orang yang belum insap jadi sadar, bukan hanya ada di mesjid. Orang yang dateng ke mesjid mah emang udah insap, niatnya juga udah bagus, ningkatin keimanan. Nah justru orang2 yang perlu disadarkan itu ada di luar mesjid. Kalo diliat dari kacamata husnudzon, porgatory ini udah berdakwah, melalui musik mereka, di komunitas mereka.
Terus-terus, gimana caranya bakat-bakat musikal anak2 ipb muncul dan tersalur? Ipb kita ini hampir tiap tahun selalu jadi universitas penyumbang proposal pkm terbanyak. Apa rahasianya? Motivasi, sama penyediaan akses yang mendukung pencapaian prestasi itu. Tiap akhir tahun, di ipb ini pasi rame, dosen2 pasti pada dicari buat dijadiin dosen pembimbing. Mahasiswa, karena terpengaruh sama kondisi kampus yang wara-wiri soal pkm, jadi ikutan termotivasi. Itulah keajaiban strange attractor, salah satu hukum alam yang berlaku di jagad raya ini. Melalui ilmu fisika, kita tau kalo setiap benda punya daya gravitasinya sendiri, hal itu juga berlaku sama pola perilaku kita. Seorang ahli bernama Ully Bronfenbrener, mencetuskan sebuah teori yang menyatakan bahwa seorang individu adalah inti dari sebuah sistem yang disusun dari beberapa subsistem (mikrosistem, mesosistem, eksosistem, kronosistem, makrosistem). Interaksi sistem dan individu itu menunjukkan pola hubungan timbal balik, jadi kondisi sistem bakal mempengaruhi pola laku individu, begitupun sebaliknya, sikap yang ditunjukkan individu akan berpengaruh terhadap status sistem. Hubungan teori ini dengan konsep strange attractor, bisa dilihat dari fenomena PKM diatas. Orang yang semangat, pasti bakal ngajak temennya buat gabung, lalu temen dari temennya itu termotivasi bikin kelompok sendiri, terus dia ngajakin temennya yang lain, temen dari temen temennya yang lain tadi juga ikut termotivasi, begitulah seterusnya sampe tindakan yang semula dilakukan dalam skala individu bisa berpengaruh sistemik. Lalu bayangkan kalo ipb (sistem) ga mendukung pembuatan PKM tadi, ga ngasih informasi, ga bikin pelatihan, ga ngasih motivasi, dll. Gelar membanggakan sebagai penyumbang proposal terbanyak tadi ga mungkin dicapai. Saat ada dua perbedaan, misalnya A dan B, maka beberapa kemungkinan yang bisa terjadi adalah A berubah jadi B atau sebaliknya, atau A dan B tetep berbeda dan saling menerima, atau A dan B membentuk sebuah format baru. Temen2 yang yakin atas sesuatu yang ia perjuangkan, tetaplah berdiri tegak disana, jangan goyah, pertahankan idealisme & ideologi yang kalian anggap benar. Jangan takut diserang, teruslah bergerak, perbanyak membaca, biar kita lawan mereka sama senjata yang benar2 tepat. Toh kalau kita bisa liatin dasar yang kuat dan benar, pihak oposisi yang fair akan mengakuinya, dan tindakan yang semula berskala individu, cepat atau lambat bisa berubah jadi identitas sebuah sistem.
Akhirnya, gw menyimpulkan bahwa dalam mengupayakan sesuatu, marilah kita berasas pada prinsip talk less do more. Mohon maaf kalo kata2 gw banyak salahnya, saran+kritik sangat gw terima dengan tangan dan hati terbuka. jangan lupa teman2 ya, jangan terpancing emosi, kita disini belajar diskusi cerdas dan nawarin solusi. Jangan sampe pendapat kita malah saling jatuhin, kalo sampe begitu, apa bedanya kita sama ilmuwan yang bikin teknologi penghancur, ga maju2 dong kalo gitu. Mari bersulang bagi kedigjayaan ekspresi dan apresiasi seni di ipb, demi kualitas bangsa yang maksimal di semua bidang. Cheers!!!
Hak manusia ingin bicara, hak manusia ingin bernyanyi
Kalau sumbang janganlah didengarkan, kalu merdu ikutlah bernyanyi
Jangan ngelarang-larang, jangan banyak komentar apalagi menghina
(slank-tong kosong)

26 komentar:

  1. [color=#fff]Ciao!

    Support poverty situations nationwide for free! All U have to do is take surveys, or play free games at the[/color] [url=http://en.help-poverty.com/wiki/How_to_Help_Poverty]help poverty[/url] [color=#fff]website, and their sponsors will at once transfer funds to organisations whose single goal is to help poorness situations nationwide! This iz a revolutionary experiment and it works, cause U won't have to pay to assist, but money will still be transferred to the poor.

    Thanks for showing this![/color]

    BalasHapus
  2. [url=http://buyingviagra.pillsfm.com/]buy viagra online[/url] In limit into your shire drugstore's payment — it resoluteness pommel the online price.

    BalasHapus
  3. [b]Suchen Sie einen PC Supporter in Ihrer Region?[/b]
    Dann sind sie hier genau richtig.
    Hier finden sie [url=http://www.pc-support-zuerich.ch]PC Support Schweiz[/url].

    [b]
    - Sei es Hilfe rund um den PC[/b]
    - Allgemeine Computerprobleme
    - Beratung
    - Der PC hat den Geist aufgegeben!
    - Virusprobleme
    - Installationsprobleme mit Modem, Drucker, ADSL...
    - Anwenderproblem bei Outlook, Excel, Word, Windows...
    - [url=http://www.wenpas.ch]Wenpas[/url]

    BalasHapus
  4. good day,

    I am a really big fan of escort nj

    I recently found this escort agency http://nj-escort.com [url=http://nj-escort.com]Nj Escorts[/url]

    If anyone can tell me other escort agency sites, I would appreciate it.

    Can someone help me with a site like

    BalasHapus
  5. Bonjour,
    je viens de m'inscrire sur ce forum, je suis donc nouveau et cherche a trouver et partager des infos sur le sujet.
    Je commence a eplucher le forum et je pense y poser mes valises un petit moment.
    à bientot
    [url=http://www.nettoyer-registre.fr/]nettoyer registre[/url]

    BalasHapus
  6. discovered a inexperienced site that dominion shock you guys
    Lets see if people can figure not on the shrouded behind the website

    [url=http://www.blaqax.com]blaqax[/url]

    BalasHapus
  7. Hi Everyone! I hope all is well and I look forward to be a great contributor to this community. Feel free to introduce yourself so I can get to know you better...

    BalasHapus
  8. Hi im new on here. I find this forum very useful and it has helped me out a lot. i should be able to contribute and help others like it has helped me.

    I love to like [url=http://www.timesmasher.com/fguy/]family guy full episodes[/url] this helps burn allot of time.

    Thanks all, See ya around.

    BalasHapus
  9. Good Day i'm new here, I hit upon this board I have found It incredibly accessible and it has helped me so much. I hope to give something back & assist others like its helped me.

    Cheers all, Catch You About.

    BalasHapus
  10. Hi-ya i am fresh to this. I came accross this board I have found It amply accessible & it has helped me out loads. I should be able to give something back and assist others like its helped me.

    Thank You, See You Around

    BalasHapus
  11. Hi i am fresh to this, I came accross this forum I find It quite useful and it's helped me alot. I should be able to contribute and guide other users like its helped me.

    Thank You, Catch You Around.

    BalasHapus
  12. Howdy i am fresh here, I came upon this message board I have found It absolutely accommodating and it's helped me out so much. I hope to give something back and aid other people like it has helped me.

    Thank You, See Ya Around.

    BalasHapus
  13. Aloha i am fresh to this, I stumbled upon this message board I find It amply accommodating & it's helped me a great deal. I should be able to give something back & support other people like it has helped me.

    Thank You, Catch You Later

    BalasHapus
  14. Hiya i am new on here. I came accross this board I have found It vastly accommodating & its helped me a great deal. I hope to give something back and support other people like it has helped me.

    Thank's, Catch You About.

    BalasHapus
  15. Hi-ya i'm fresh on here. I stumbled upon this chat board I find It quite useful and it has helped me out alot. I hope to contribute and aid other people like it has helped me.

    Cheers, Catch You About.

    BalasHapus
  16. Whats's Up im new on here, I came accross this message board I find It extremely accessible and it has helped me out a lot. I hope to contribute & assist others like it has helped me.

    Cheers, Catch You About.

    BalasHapus
  17. What's Happening i am new on here. I stumbled upon this website I have found It incredibly accessible & its helped me alot. I hope to give something back and help other users like it has helped me.

    Cheers, See You Later.

    BalasHapus
  18. Hi i'm new to this, I hit upon this website I have found It exceedingly useful & it has helped me out tons. I hope to contribute and assist others like its helped me.

    Thanks Everyone, See You About.

    BalasHapus
  19. Good Day i am fresh here, I stumbled upon this site I find It incredibly useful & its helped me tons. I hope to contribute & guide other users like its helped me.

    Thanks, See Ya Later.

    BalasHapus
  20. Hello im fresh on here. I stumbled upon this chat board I find It extremely helpful and it has helped me out loads. I should be able to contribute and support others like it has helped me.

    Thank's, See Ya Around.

    BalasHapus
  21. Hi-ya im fresh here, I stumbled upon this website I find It vastly accessible & it's helped me out a great deal. I should be able to contribute & assist others like its helped me.

    Thanks, See Ya Around.

    BalasHapus
  22. Aloha i'm new to this, I came upon this board I have found It vastly useful & it has helped me out loads. I hope to give something back & support others like its helped me.

    Thanks, See You Around

    BalasHapus
  23. Hi-ya i'm fresh to this, I stumbled upon this forum I find It quite accommodating & it has helped me out tons. I hope to give something back & support other users like it has helped me.

    Thanks, See Ya Around

    BalasHapus
  24. Being superior to determine distance, expedite, and previously is the guide to course of action from top to bottom an intersection safely.
    A reputable [url=http://www.floridatrafficinstitute.com]florida traffic school [/url]can help you understand this.
    Drivers be obliged be able to adjudge how much point it determination decide them to proceed including the intersection at their current speed of travel.
    Do they acquire the time at that precipitateness to safely travelling the required distance in the presence of a cross-traffic status quo occurs?
    You must be willing to stop within the last 100 feet ex to an intersection.
    If you befall to pass these marks, do not turn tail from your conveyance up, as pedestrians may be walking behind your vehicle.
    Passing lanes are for passing. There is no affair or dupe to driving, the driver just needs to be paying attention.
    Motor vehicle operators should usage a en passant lane when the attempted maneuver is perceived as protected and judicious and can be completed without the usage of unconscionable speed.
    The maneuver forced to also be completed within a believable amount of time, and the driver be required to fool adequate visibility of all roadways and vehicles he or she may lay hold of or be faked by.
    Another great tool in helping you in this area is to use a florida traffic school.
    Drivers should be advised that highway on-ramps are object of delight to and preparation quest of highway driving. When entering highways, drivers be compelled no longer travelling at the drastically reduced speeds predetermined into see driving.
    Drivers are called upon to rise speeds to that of the highway transport and usability the on-ramp and resultant merging lanes as a means to pour smoothly into highway traffic.
    Drivers essential signal, increase alacrity, and unite safely into the flood of traffic.
    Merge lanes, of route, are acquainted with in search “merging” – they are typically unexpectedly past nature and will cessation at some guts in time. Lane closures also exterminate at some station in time.
    Closed lanes on a highway require special heed and driver courtesy.
    Some drivers last wishes as shelved until the matrix reasonable hour and take on to squeeze into traffic ahead the lane closes.
    Other drivers need to be aware that these drivers are a definite hazard to the flow of traffic. Attempts to blank out such inconsiderate drivers may up to other more nasty consequences, such as driver confrontations or multiple pile crashes.
    All drivers take a responsibility to get used to their dispatch in status to let gaps representing merging traffic. If drivers aptly space their following stretch, these adjustments commitment be trivial and effectively valid to the soft roll of traffic. If you are traveling in the settle lane and you manner a freeway onramp, you should be hip that other conveyance may try to blend either in show of you or behind you.
    If you can, it is finest to move evasion of the revenge lane to concede these vehicles easier entrance.
    More tips on defensive driving will follow.

    BalasHapus
  25. xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com

    We can post your custom message on millions of forums, blogs and message boards worldwide.
    What This equal for your business & website.
    Instant

    Increase of web Traffic
    Increase of customer Sales
    Increase of Search Engine Rankings


    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com
    xrumersiteposter.tripod.com

    BalasHapus
  26. xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com

    We can post your custom message on millions of forums, blogs and message boards worldwide.
    What This equal for your business & website.
    Instant

    Increase of web Traffic
    Increase of customer Sales
    Increase of Search Engine Rankings

    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com
    xrumersiteposter.com

    BalasHapus