Jumat, 12 Agustus 2011

Birthday Gift

Hari kamis tanggal 11 agustus 2011, provocative proactive menayangkan edisi ulang tahunnya yang pertama. Provocative Proactive adalah sebuah program televisi tentang politik untuk anak muda yang ditayangkan di Metro TV setiap hari kamis jam setengah sepuluh malam. Program ini salah satunya digagas dan dipandu oleh Pandji Pragiwaksono. Selain menjadi produser program TV, rapper, penyiar radio, aktivis nasionalisme, Pandji juga seorang penulis. Salah satu buku yang pernah ditulisnya adalah sebuah buku-e berjudul "menghargai gratisan". Dalam buku itu, Pandji menceritakan tentang koleksi DVD yang ia punya. Salah satu DVD yang ia bahas adalah sebuah film berjudul Gandhi. Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan kisah hidup seorang tokoh kemanusiaan asal India. Setelah menyaksikan film inspiratif itu, saya membahasnya dalam sebuah tulisan khusus di blog ini. Disana saya menulis bahwa ada salah satu dialog dalam film Gandhi yang menyatakan bahwa resistensi pergerakan kaum yang dipimpin Gandhi harus aktif dan provokatif. Munculnya dua kata dalam film itu mengundang kecurigaan saya tentang sumber inspirasi program Provocative Proactive. Jangan-jangan dari dua kata di film itulah program itu mengadopsi nama. Saya lalu melakukan konfirmasi melalui akun Twitter Pandji tentang hal itu. Menurut Pandji, ia merasa kaget mendapati hal itu. Provocative Proactive ternyata tidak memiliki hubungan langsung dengan petikan dialog tadi.

Dalam ulasan tentang film itu, saya tidak menyantumkan bukti visual bahwa benar adanya kedua kata itu muncul di film garapan Richard Attenborough itu. Di momen dirgahayunya yang pertama, saya menghadiahkan Provocative Proactive salah satu adegan di film Gandhi yang memperlihatkan Sang Mahatma yang sedang menuturkan sifat pergerakan yang ia pimpin.

Melalui blog sederhana ini, saya menghaturkan selamat berulang tahun kepada Provocatice Proactive. Semoga bisa terus memotivasi, menginformasi dan menginspirasi para pemuda bangsa ini.

1 komentar:

  1. wah baru tahu... gue juga banyak terinspirasi dari acara ini buat nulis di blog.

    BalasHapus