Minggu, 04 Mei 2008

Tas Pusaka Kurt Cobain

Dulu, waktu gue masih muda, pas kelas 3 SMA, nyokap beliin gue tas surprise. Ga tau dalam rangka apa, beliau ujug-ujug aja ngasih gue tas bapa-bapa sejenis tas laptop gitu. Katanya kebetulan ada yang jual di tempat ngajar, trus inget tas gue yang udah tidak sedap dipandang kaki, trus dituker dah duit 20 rebu ma tas baru ntu. Hati kecilku kemudian berbisik lirih (cieee…), tu tas norak abis, item, polos, kolot, ah pokonamah kitu we lah. Tapi hati gede gue berkata lain, gue liat ada setumpuk cinta di tas itu, cinta sejati dari sosok bernama ibu. Akhirnya ntu tas gue ambil kan?! Tapi ga gue pake secara original, lu tau kan gimana deskripsi tasnya? Gue kan mikir, kalo tu tas ga gue pake, nyokap pikir gue ga nerima pemberiannya, trus kapok deh ngasih gue hadiah. Akhirnya gue mikir lagi dengan mengerahkan seluruh intelejensi yang ada, gimana caranya biar gue pake tu tas dengan perasaan superduperextraordinarypedebangetpisan. Dan ‘ting’, bola lampu di atas kepala gue bersinar, terang sekali (bola lampu apa jidat?). Sayah teh punya ideu.

Setelah pertempuran sengit tersebut, gue buka black box tempat souvenir kenangan yang ada di bawah ranjang dan nyomot kain kecil bergambar Kurt Cobain yang lagi bengong mikirin hutang. Rencananya gambar senior gue itu mo ditempel di muka tas baru dari mamah tadi. Saat itu juga gue langsung ikutan MTV Benang Bunting (saingan MTV VJ Hunting) ke anak-anak kos cewe. Setelah seperangkat alat tempur yang terdiri dari jarum, benang, dan mikropakubuatkerudung gue dapet, gue ikut lagi MTV Pimp My Bag (saingan MTV Pim My Ride) yang dipandu oleh Ehkejepit (saingan X-zibit, MC-nya Pimp My Ride). Dengan berbekal pengalaman yang sama waktu ngemodip tas SMP, gue berhasil nempel tu gambar di tas gue dengan selamat (maksudnya bukan bareng si Slamet). Sentuhan berikutnya, gw gantung mata zippernya sama tali mini yang bulet-bulet bekas bandrol sepatu. Tapi kalo gitu doang rasanya kurang enyoy, akhirnya gue gantungin aja pasak tala (itu loh, yang buat muter-muter di gitar, buat nyetem atu lah!). Gue juga gantungin gelang yang mirip rante sepeda, gantungan boneka kura-kura organik, ra konco-koncone. Selain itu, mata kalung berbentuk ½ eceng juga ikut gue gantung di sono, sehingga menimbulkan pertanyaan bagi mereka yang memandang, “mana hati sebelahnya lagi?” (pan disangkanya gue romantis, hehe…).

Dan tas pusaka pun siap dihidangkan, paginya gue pake ke sekolah. Temen cowo gue ada yang bilang dengan mata berbinar, “wuiiihh… koben!” Temen yang cewe juga ga ketinggalan bo, mereka bilang dengan histeris, “iiiihh… lucu!” Gue pun semakin pede, pasalnya setelah ntu tas murah gaya bapa-bapa gue modip abis-abisan, banyak yang niru. Gue pun akhirnya berkata dengan bangga disertai wajah cool, may neim is weing! (my name is Rain atu lah!).

Sodara, demikianlah analogi diri kita seharusnya saat dapet unexpected things yang ga sesuai harapan dan cita-cita. Kalo nasi udah jadi dubur, tinggal gimana caranya dapet kecap, seledri, kerupuk, dkk biar bubur jadi enak. Waktu kecil, ibu gue bela-belain mo ngasih apa aja asal gue bersedia ke dokter gigi (untung gue ga minta Miyabi). Kebayang kan gimana image dokter gigi di mata ABG (Anak Blom Gde)? Akhirnya gue nyerah, gigi gue yang rusak dicabut. Rasanya sakit, tapi saat ini gue bersyukur, bayangin gimana kalo tu gigi seri item sampe sekarang masih nongkrong di mulut gue, pas ketawa, wak,wak,wawawawaw… Pas sakit, bokap juga ngasih gue obat pahit tapi ampuh. Dan gue bersyukur lagi, gimana kalo pas gue sakit gigi, malah dikasih permen. So, ga selalu hal yang kita kira saat ini jelek, bakal jadi kejelekan abadi. Dan juga ga selalu semua hal yang kita bangga-banggain bakal terus nguntungin. Who knows? Artinya kita harus, wajib, kudu memperjuangkan semua yang kita dapet hari ini. Coba deh liat Al-Quran Surat Al-Baqoroh ayat 126, keren banget tau. “Boleh jadi kamu benci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui”.

Bokap gue bilang, sebuah mutiara dimanapun ia berada tetaplah mutiara. Sekarang, mari kita buktikan bahwa kita mutiara, bukan cuma kerikil tak berguna. Show ‘em hell kid! Dan jangan lupa, kita harus bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, pan kalo kita bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat kepada kita, tapi kalo kita ingkar, inget, azab Allah sangat pedih. Maka nikmat Tuhan-mu yang mana yang hendak engkau dustakan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar