Senin, 19 Januari 2009

Curhat David Tarigan

Tanggal 11 Januari 2009, MAX!! bikin acara ALFAMAX, Always Learn & Fun With MAX!!. Acara yang bertema Musicalpreneurship itu dihadiri salah satunya sama David Tarigan dari Aksara Record & Andre (ato Andri? siapa ya gw lupa) manajer White Shoes & The Couples Company. David Tarigan jelasin soal sejarah band indie, dia juga curhat gimana ceritanya pas dia mengenal dunia musik. Ceritany gini bro, suatu hari ni si Dapit kecil lagi ada di jaman mulai berkembangnya band2an. Dia bilang waktu itu musik yang lagi hot adalah musik punk, musik yahut nan enerjik dengan senjata andalan jurus 3 kunci. Jadi orang2 yang baru bisa maen gitar 3 kunci doang udah bisa tuh ngeband. cadaaaasss.... Once upon a time, si Dapit nonton TVRI, di sono katany dia liat video klip yang keren gila. Ceritanya di Vid itu ada anak2 sekolah pada ngumpul di gymnasium, pada jingkrak2, nontonin temennya yang lagi ngeband. Wuh, pas denger kata gymnasium saraf motorik gw langsung bereaksi, jantung gw berdebar kencang, pupil mata gw membesar segede jengkol, darah gw langsung mendidih (baiklah, gw ngaku, gw bohong, respon gw ga selebay itu kok). Dengan mengerahkan tenaga penuh, gw langsung nengok ke arah Van yang duduk di samping belakang gw. Dengan gerakan mulut dan ekspresi yang ga jauh beda, dia + gw bilang sebuah kata barengan, "Nirvana". Gila, itu video clip Nirvana, band referensi gw, band abang gw, Kurt Cobain. Ternyata Si Dapit juga demen Grunge. Bagus2, gw ga sendirian di perantauan ini. Gw jadi inget pas SMA, waktu itu gw ngomong soal band cadas paling sama Deni + Ridwan doang.

Sumpah bro, waktu gw masih muda, Cobain tu jadi salah satu role model. Cara dia ngeband itu lho yang bikin gw empati. Ya, kalo liat video klip You Know You're Right, emosi gw langsung kebawa. Uh, dia ngeband bener2 buat media ekspresi, tapi sayang, dia masih nge-drugs. Nah gw, sorry bro, emang gw cowok macam apa? Meskipun cara Cobain berekspresi jadi referensi gw, soal gaya hidup, dia bener2 ga layak jadi contoh. Serius man, gw kan baca buku biografi dia yang ditulis Charles R. Cross, "Heavier Than Heaven". Damn, menurut gw ga ada satu pun gaya hidup yang pantes buat gw pake, kecuali ngeband (padahal ngeband kan masuk klasifikasi lifestyle).

Alright, balik lagi ke kasus curhatan Dapit. Kemudian sisi putih diri gw muncul, Isrtighfar segera gw lafadzkan. Aneh ya, pas bilang tokoh yang kita hormati, otomatis respon kita (kita? gw aja kali) kayak musafir yang berjalan di padang pasir baru nemu mata air setelah 17 taun ga minum2. Beda sama sikap kita pas denger Adzan, ato denger orang lagi baca Quran, volume music player malah digedein, bukan Adzan yang didengerin. Akhirnya gw bertekad, mulai sekarang, gw akan, harus, kudu, wajib, kedah, have to, ulah henteu, pokoknya kalo ada lantunan pengagungan Tuhan terdengar telinga gw, harus gw hormati, dan kalo bisa diikuti. Eh, bukan kalo bisa, harus bisa. Semoga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar