Minggu, 01 November 2009

MAX!! Memakan Korban

Sejak pengisian formulir pendaftaran masuk IPB, gw udah milih UKM MAX!! setelah masuk nanti, dan alhamdulillah akhirnya kesampaian juga gabung di UKM yang pernah jadi the best UKM of IPB ini. Awalnya ga ada hambatan berarti, tapi kurang lebih di akhir tahun 2007 (kalo ga salah), korban pilihan gw itu mulai keliatan. Berawal dari rencana MAX!! yang mau ngadain acara makrab. Waktu itu gw cukup semangat dan antusias, tapi ternyata ada acara kampus lain yg juga menggiurkan buat gw datangi, nama acara itu (jengjeng) Journalistic Fair. Acara bertema jurnalistik itu tanggalnya persis bentrok sama makrab MAX!! di Megamendung saat itu. mulailah gw bimbang dan ragu, pilih MAX!! atau Journalistic Fair. Akhirnya pilihan gw jatuh pada...MAX!!, soalnya Rona udah daftarin band kita waktu itu (gw lupa namanya, Finding Nadia belum lahir). Beberapa hari sebelum berangkat, gw ngedadak sakit, demam apa flu berat gitu waktu itu, dan makrab terancam gagal gw ikutin, maklum bulan tua, musim hujan. Tapi karena disana gw harus maen, akhirnya gw paksain berangkat, dan ajaibnya, setelah nyampe di vila, gw ga sakit lagi.haha.

Teman-teman pasti bertanya-tanya, “mana korbannya?”. Nah korban yang gw maksud itu adalah journalistic fair tadi, ntar deh gw jelasin lagi korban berikutnya, sekarang kita balik lagi ke vila tadi. Nah pas gw nyampe vila, ternyata malem2, dan disana langsung disuguhi jadwal acara yg padet. Kurang lebih tengah malam, band gw itu dapet jatah maen, kita bawa All Downhill From Here (New Found Glory) sama So Long Astoria (The Ataris). Selain gw yg maen gitar, ada Rona yg nyanyi, Cet maen gitar, Iqbal TIN44 maen bass, sama Riski ESL44 di blakang drum. Sebenernya itu bukan penampilan maksimal gw, soalnya gw maen sambil duduk, strap gitarnya kurang, trus di tengah lagu, senar cet putus. Tapi ada sebuah kejutan di part scream lagu All Downhill From Here. Fan tiba2 nongol dari moshpit, narik mic yg lagi nganggur dan teriaklah dia disitu, bantu manasin suasana.haha, dan itulah awal mula terbentuknya embrio Finding Nadia. Selain Finad, 9 Foul Out (band-nya kang GM, roni) juga mulai memunculkan taring dan kumis kucingnya di venue itu. waktu itu 9FO masih digawangi Ikiw di suara bass, mereka bawa I’m Not Okay (My Chemical Romance) sama lagunya Killed by Butterfly (gw lupa judulnya). So powerful! Makrab angkatan 4 MAX!! itu lanjut ke hari kedua. Sebenarnya hari kedua inilah puncak euforia makrab ini, soalnya hari minggu itu kita dapet permainan sama maen basah2an. Sebelum maen2annya dimulai, paginya kita senam dulu, instrukturnya ada Dea sama Jiban. Seinget gw, saat itulah jargon MAX!! ASOY!! Lahir dari mulut Dea. Sebelumnya, MAX!! pake jargon “Jaim? Pulang!”, tapi setelah itu, kata ASOY jadi jargon pusaka yang dipake sampe sekarang. Setelah senam, kami dilatihlah disitu sama permainan2 kerjasama tim sampe maen basah2an, tapi sayang, belum sempat basah, gw harus ditandu keluar lapangan karena sakit gw kambuh. Tidurlah gw saat itu, eh pas bangun yang lain udah pada basah. Setelah semua udah rapi lagi, kita kumpul lagi di aula, denger semacam seminar. Waktu itu gw sama fan rebutan jawab pertanyaan berhadiah CD kompilasi MAX!! vol 1. Pertanyaannya banyak, tapi pertanyaan yang nganterin gw jadi pemenang adalah tentang berapa jumlah lagu di album itu. Gw jawab bener soalnya Kura ga nutupin CD yang dia pegang, jadinya keliatan ada berapa lagu.haha. siang itu suasana hangat bersahabat, anak2 MAX!! baru dihibur sama penampilan band Abai FAHUTAN44, Irfan ARL44, dkk sama penampilan eksklusif Bang Rio yang gokil. Makrab udahan, akhirnya gw pulang dengan sehat walafiat. Sakit? Sudah lupa tuh.

Well, kita lanjut ke taun kedua makrab MAX!! yg gw ikutin. di taun kedua ini, ceritanya ga jauh beda. Ceritanya waktu itu finad mau maen di makrab. Tapi gw pengen ikutan sebuah acara yg juga menggiurkan buat gw datangi, nama acara itu (jengjeng) Journalistic Fair. Ya, JF lagi, bahkan kali ini gw udah beli tiket, tiket buat ikutan lomba pembaca berita. Rencananya, finad maen sabtu malem, trus minggu pagi gw caw ke kampus buat tu lomba. Tapi sayang, JF kembali harus berkorban untuk MAX!!, jadwal maen finad diundur ke minggu, terus kalopun gw berangkat,mau naek apa, berapa jam, trus kalo gw jadi ikut lomba, apa bakal menang, apa gw ga malah mempermalukan diri sendiri? Akhirnya, gw ikut makrab ampe beres. Tapi pengorbanan JF bukan berarti tanpa makna, ada sebuah pengalaman berharga yang kasih gw pelajaran, dan pengalaman itu ga akan gw bagi disini.hehe. oiya, di makrab itu ada sebuah performance yg bikin gw kagum. Malem minggu itu, si abang yg pake jaket putih maen gitar solo. Efek gitarnya katanya Cuman delay, tapi lick2nya itu yg bagus bgt. Malam itu gw pengen minta file lagunya, tapi ga sempet. Temen2 ada yg tau siapa beliau? Dimana gw bisa denger lagi lagu itu?

Anyway, maap2 nih, kalo judulnya terlalu gimana gitu. Kurang lebih itulah aplikasi ilmu yang gw dapet dari blognya raditya dika (http://radityadika.com/tiga-elemen-penulisan-kreatif-dalam-blog/). Cuman mau share, boleh kan. Kata si radit, setidaknya ada 3 hal yang bisa bikin kualitas sebuah tulisan bagus, they are: First Sentences yang Menarik, Buatlah Tulisan yang Ekonomis, dan Menemukan dan Menggunakan Voice Anda Sendiri. Nah gw mau nambahin juga nih, satu hal yang bisa bikin kualitas tulisan bagus. Awalnya gw terinspirasi setelah nonton film Perfume: Story of The Murderer. Film itu nyeritain tentang seorang Jean-Baptise Granuille (gw suka cara bacanya, siang bapti granoe), geek di Prancis yg bikin parfum dari saripati tubuh cewe2 cantik. Di sebuah part di film itu, seorang ahli parfum, Giuseppe Baldini, ngajarin Granuille bahwa parfum itu sebenernya mirip kayak orkestra musik. Dia harus punya 12 komponen penting yang dibagi jadi 3 bagian, bagian kepala, hati, sama dasar. Tapi buat bikin parfum yang perfect, harus ada bahan ke-13 yang justru membedakan parfum itu sama parfum biasa. Ini gw kasih liat cuplikan film itu yang nampilin wujud dari ketiga bagian ramuan parfum.

Menurut gw, komponen tulisan juga kayak gitu. ada bagian pembuka, yg menjebak pembaca buat baca tu tulisan, bagian klimaks, yg bikin pembaca bertahan dan berniat menyelesaikan bacaannya, sama bagian penutup, bagian yang mengakhiri bacaan dan memuaskan curiousity pembaca. Ketiga domain itu disusun diantaranya sama ketiga elemen penulisan kreatif yang dibilang Radit di atas. Nah, yang jadi kunci pembeda tulisan bagus sama yang biasa aja, atau gw analogikan sama resep ketigabelas kayak di urusan parfum itu, ialah kesan yang timbul setelah tulisan itu dibaca. menurut gw aspek itu penting biar pembaca ga ngerasa rugi setelah baca tulisan kita, akhirnya tulisan itu jadi unforgettable di pikiran pembaca. Joanne Kate Rowling misalnya, si pengarang Harry Potter itu, dia bisa bikin pembacanya punya kesan yang dalem sampe bukunya laku keras, rahasianya, gw yakin si resep ke-13 itu. kesan itu bisa bikin pembaca ga lupa sama tulisan itu, bentuknya bisa berupa humor, atau sastra, atau informasi aktual, atau pesan moral. Ato secara ringkas, resep ke-13 itu gw sebut nyawa di tulisan itu. Eh, gw sotoy yah, tapi gapapa, benar/salah-bagus/jelek bukan masalah, yang penting berani nyoba.

Balik lagi ke masalah MAX!!, jadi kita udah tau nih, baru ada dua korban pilihan gw bwt nyimpen MAX!! di tingkat atas urutan skala prioritas gw waktu itu. ada lagi satu korban yg udah jatoh jauh hari sebelum makrab MAX!! angkatan 4 tadi. Dia adalah... ... ... ... ah sebut saja Mr. X. Dia temen selorong gw, skill gitarnya boleh lah, mendekati kelas virtuoso. Suatu hari gw, dia, sama fan rencananya mau nampil di jam session gathering MAX!!. kita bertiga sebenernya udah ngumpul di lobi C1, ngomongin lagu yg mau dinyanyiin. Gw sama fan pilihan lagunya ga jauh beda, sekitar Saosin, Story of the Year, Nirvana, dll. Nah tu mister, lebih suka kalo lagu yang dibawa nanti lebih mendayu gitu, macem Look What You’ve Done-nya Jet, dll. Awalnya kita sepakat, bahkan di jalan menuju lorong, si mister sempet ngusulin nama band, Poem of Revenge, begitu katanya nama band kami nanti. Gw sih ok-ok ajah. Tapi kemudian gw sama fan bikin pertemuan rahasia, agendanya ngebahas pemilihan lagu tadi sama selera musik kita bertiga yang kayaknya crash. Akhirnya secara sepihak, gw sama fan memutuskan buat maen berdua aja, tanpa Mr. X. Setelah keputusan itu, fan dapet tugas ngesms dea (panitia) soal perubahan tadi, gw kebagian tugas bwt menyampaikan permintaan maaf sama mister. Rencananya malem harinya si mister mau gw kasih tau, tapi ternyata pas sore2, si mister datang ke kamar gw, katanya dia dapet sms dari dea yang isinya konfirmasi perubahan yang fan laporin tadi. Gw akui gw salah, telat konfirmasi, bikin keputusan sepihak, dll. Akhirnya gw minta maaf lah sama tu mister, dan mister bilang maafin gw, tapi mukanya masih kusut. Beberapa waktu setelah kejadian itu, si mister kerjaannya manyun kalo liat gw, disapa ga jawab, nengok aja ogah. “Yasudah, it’s your choice”, begitu pikir gw waktu itu. gathering MAX!! akhirnya tiba, jam session giliran gw akhirnya tiba. Gw + fan dikasih kesempatan nyanyi 1 lagu. Awalnya mau Until The Day I Die, tapi beberapa menit sebelum maju, gw tiba2 berubah pikiran, ganti lagu jadi Seven Years (saosin). Disitulah karma menampakkan wujudnya. Bukan karma kali ya, kalo istilahnya karma tu kesannya gw biksu Tong Sam Cong gitu. Jadi di Al Quran, di surat Al Zalzalah ayat 7 sama 8, Allah bilang bahwa kebaikan sekecil apapun pasti bakal dibalas, sebaliknya, kejelekan sekecil apapun juga pasti bakal dibales. Pas gw mulai nyanyi, ternyata fan maen di E, sedangkan gw biasa maen 7 years di C#, yo uwis, suara gw ngegantung. Tapi show must go on. Kurt Cobain aja di sebuah konser pernah disorakin gara2 salah ambil nada awal lagu lithium, tapi dia tetep nyanyi. Gw juga ga boleh kalah, yang penting lagu beres.haha. tapi gw malu soalnya mister eks nonton tepat di depan gw, pikir gw pasti dia sorak sorai tu dalem ati, tapi kan gw ga boleh gitu, itu namanya suudzon, astagfirullah. Akhirnya gathering itu beres. Ikiw pernah bilang kalo waktu itu gw kayak dipaksa buat nyanyiin lagu itu, soalnya pilihan lagu, karakter vokal, sama tampilan gw ga singkron.haha. akhirnya lebaran datang, gw minta maaf ke mister eks, mister eks maapin gw, udah senyum lagi, udah biasa lagi, sampe sekarang kita tetep nyambung silaturahmi. Alhamdulillah.

Eh belum beres.hehe. kepanjangan yah, tapi justru ini inti dari tulisan ini, dan harus gw sampaikan biar pembaca ga ngerasa rugi udah baca. Jadi maksud gw, tiap pilihan yang kita ambil, pasti mengorbankan pilihan lain. Tinggal gimana cara mempertanggungjawakan pilihan kita itu. tapi yakinlah, apa yang kita dapet dan pilih sekarang itu lebih baik dari pilhan yang lain, jadi berdoalah untuk sesuatu yang baik menurut Dia, karena Dia lebih tau apa yang kita ga tau sama sekali (QS 2:216). seseorang yang hebat bukanlah dia yang memilih pilihan yang tepat menurut dia sendiri, tapi dia yang mampu mempertanggungjawabkan apa yang dia pilih. Kurang lebih gitulah, makasih atensinya, sory kalo banyak salah. Beruntung Journalistic Fair yang ketiga udah beres, semoga opportunity cost buat makrab selanjutnya lebih murah. Sampai jumpa di makrab MAX!! angkatan 6!!!

Bonusnya, ni gw liatin foto2 waktu acara makrab angkatan 4 di Megamendung.

Kelompok gw nih, dari kiri ke kanan ada lele, eike, bu ay, eka, tetet, asa, gema, lupa (sorry), wahyu

Salah satu kesan yang ada di makrab itu adalah romantis

Sekali lagi saudara, romantis.haha

Who the fuck is she?

Ini permainan terakhir sebelum gw hengkang dari lapangan

lagi apel pagi, siap2 denger sambutan pak pembina

Suasana pemberian materi

Malah ngobrol.haha

Lagi nonton live performance bang rio. Gokil parah!!!

Saking serunya aksi bang rio, achy ketawa sambil merem.hehe, peace teteh

Ini acara yang paling penting.haha

Mukanya masih pada innocent

Yes, wi ar MAX!!

Trust me fellas, there's nothing but fun

Maaf2an


Oiya, tadi diatas gw sempet nyinggung2 dikit soal Finding Nadia. Buat ente2 yg belum tau apa itu finad, nih gw kasih link download karya mereka. Finding Nadia menyebut karya mereka “teenage emotional rock”. Mau tau lebih jauh? Klik aja http://www.myspace.com/findingnadiaband. Enjoy!

-Melody Of Dancing Bullets Part I:

http://www.4shared.com/file/142058399/7747b1ab/Finding_Nadia_-_Melody_of_Dancing_Bullets_Part_I.html

-Jackal Love Letters:

http://www.4shared.com/file/142059253/82591aeb/Finding_Nadia_-_Jackal_Love_Letters.html

-Melody Of Dancing Bullets Part II:

http://www.4shared.com/file/142059611/f32161f/Finding_Nadia_-_Melody_Of_Dancing_Bullets_Part_II.html

Pengen liat wujud asli mereka? Nih poto2nya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar